Header Ads

9.2.07

Obsesi Penjual Ginjal

Wanita itu terlihat tegar. Berkacamata minus 1 ¾ selinder, bertubuh tinggi sekitar 1.70 meter, berambut sebahu dan badannya terlihat masih segar. Dia lebih banyak tersenyum. Di lehernya terlingkar tali berwarna hitam yang digantungi salib berwarna putih dipadu warna hijau.


Dia adalah Maria Enny, berusia 22 tahun. Akhir Januari lalu, sebuah situs berita di Jakarta memasang iklan short messenger system (SMS). Isinya; jual ginjal sehat, tidak ada penyakit menular, golongan darah B. Pembeli bisa menghubunginya ditelepon : 085612xxxx. Ternyata, gadis inilah yang memasangnya.

Benar. Gadis ini sedang berupaya mencari orang yang ingin membeli salah satu ginjal yang ada dalam tubuhnya. Dia tidak menduga, ternyata harga ginjal sama dengan satu unit mobil. Awalnya diperkirakan, harga rendahnya Rp10 juta dan harga termahalnya Rp20 juta.

“Ternyata harganya bisa mencapai ratusan juta. Wah…mahal juga ya. Bisa buat beli mobil sama rumah,” tutur dia, kaget.

Harga ratusan juga itu, diketahui setelah iklan ginjalnya dimuat. Beberapa hari dilacaknya di internet, ternyata jual beli ginjal bukan suatu yang aneh lagi. Dari situ pula, terbelalak dengan harga jualnya. “Ada yang jual Rp100 juta, bahkan ada yang jual dengan penawaran harganya sampai Rp500 juta,” ujarnya.

Dalam ilmu kedokteran, ginjal merupakan organ penting dalam tubuh yang berfungsi untuk membuang sampah metabolisme dan racun tubuh dalam bentuk urine atau air seni yang kemudian dikeluarkan dari tubuh. Bagian ini mempunyai pembuluh darah yang sangat banyak dengan fungsi menyaring atau membersihkan darah.

Tak aneh, harga ginjal melambung hingga ratusan juta. Karena bagi orang yang terkena penyakit gagal ginjal, maka harus melakukan terapi cuci darah rutin yang harganya juga relatif mahal. Apalagi, biaya untuk terapi cuci darah juga mahal ongkosnya.

“Katanya, manusia dengan satu ginjal masih bisa hidup sehat dan tidak memengaruhi kondisi tubuh. Jadi, ngak masalah saya hidup dengan satu ginjal,” ujar Maria.

Maria dilahirkan di Klaten, Jawa Tengah. Dia anak kedua dari dua bersaudara. Kakaknya seorang lelaki yang kini menjadi pastur di Jakarta sambil kuliah. Sedangkan Maria bekerja menjadi pengasuh anak di Jakarta. Jejak pekerja itu diikuti juga oleh ibunya. Pengasuh anak.

Dari pekerjaannya sebagai pengasuh anak, setiap bulannya Maria menerima upah Rp900 ribu. Upah itu, kata dia, sangat sulit untuk memenuhi kebutuhan orang tuanya. Untuk dirinya saja, kata dia, tidak terpenuhi. Namun, dia tetap berupaya mengirimkan uang untuk orang tuanya.

“Ibu terus ngak tega lihat saya. Akhirnya, ibu ikut juga ke Jakarta. Dan untungnya, ada majikan yang mau menerimanya. Lagi, ibu juga masih terlihat muda. Masih usia 42 tahun,” ujarnya.

Pertengahan tahun 2006, dia urban ke Jakarta. Ada panggilan bekerja sebagai pengasuh anak. Di Jakarta, Maria dan ibunya tinggal disebuah yayasan di kawasan Kalibata, Jakarta Selatan. Ayahnya ditinggalkan di Solo bersama istri mudanya. Sejak lahir, Maria tidak pernah mengenal ayahnya.

“Usia lima tahun, baru saya tahu wajah ayah,” tutur dia. Sejak dia tahu ibunya dihianati ayahnya, Maria marah dan tidak pernah mau bertemu. “Usia 17 tahun, baru saya merasa iba melihat kondisi bapak sendiri.”

Ayahnya, sudah tidak mampu lagi bekerja. Pernah bekerja sebagai supir bis antar provinsi Jawa Tengah-Jawa Timur. Nasibnya sial. Ayahnya kecelakaan yang menyebabkan kakinya lumpuh. Dengan kejadian itu, tidak menyerah. Kemudian menjadi pengojek motor beroda tiga. Lagi-lagi, sial. Kecelakaan kali dua dialaminya. “Sebuah bis menyerempet motornya. Semakin tidak berdaya,” cerita Maria.

Tidak kali itu saja Maria ingin menjual ginjalnya. Pada usia 18 tahun saat masih tinggal di Solo, Jawa Tengah, organ tubuh pentingnya itu pernah ditawarkan ke berbagai rumah sakit setempat. Namun, jawaban dari pihak rumah sakit, belum bisa memastikan.

Koran lokal harian ‘Solo Pos’ pernah memasang surat pembaca seseorang yang menginginkan ginjal sehat. Dengan pemberitaan itu, Maria langsung mengirimkan surat pembaca balasan yang bersedia ginjalnya dibeli. Sayangnya, surat balasan yang dilayangkannya tidak dimuat. Saat itu, dia bekerja sebagai pengasuh anak.

Ada alasan dia ingin menjual ginjalnya. Kalau laku, uangnya akan digunakan untuk memperbaiki rumah dan berdagang. Dia menginginkan, ayah dan ibunya bisa menikmati hidupnya tanpa bekerja dan hidup dengan rumah layak. “Tidak bisa berharap dari kakak. Karena, dia (kakaknya) sendiri hidupnya pas-pasan,” ujarnya lagi.

Maria menggambarkan, rumahnya paling tua dibandingkan rumah tetangga lainnya. Sejak dibelinya, belum pernah direnovasi. Hanya ada satu rumah tamu, satu tempat tidur dan dapur. Rumahnya berdinding batako dan beratap asbes. Walaupun layak ditinggali, dia iba melihat orang tuanya dengan rumah tua itu.

Sebenarnya, kata dia, ginjal yang dimiliki tidak serta merta dijualnya. Maria, rela jika ginjalnya harus didonorkan kepada orang lain. Namun dengan persyaratan, berasal dari keluarga miskin dan benar-benar sangat membutuhkannya. Jika yang membutuhkannya berasal dari orang kaya, maka ginjalnya harus dibayar dengan harga yang layak.

Beberapa cara sudah dilakukan untuk menawarkan ginjalnya. Beberapa rumah sakit, sudah dihubungi dan iklan gratis juga dilakukan. Dia bahkan berencana masuk ke internet-internet Indonesia maupun internasional untuk melakukan promosi ginjalnya. Jawaban dari pihak rumah sakit, kata Maria, selalu mengatakan, “Nanti dikabarin.”

“Saya tidak tahu, kenapa ada perasaan terus menerus agar dirinya tetap menjual ginjal. Padahal, sudah lama obsesi itu sempat hilang,” tuturnya.

Untuk obsesi menyenangkan orang tuanya, beberapa cara ditempuhnya. Salah satu media nasional di Jakarta pernah menulis kehidupan perempuan ‘kawin kontrak’ dengan warga negara asing yang bekerja di Indonesia. Berita itu, tutur dia, memaparkan tentang jaminan hidup jika masa ‘kawin kontrak’ berakhir.

Dia berangan-angan akan dibelikan rumah dan kebutuhan rumah tangganya akan dipenuhi. Tidak hanya itu saja, jika punya anak akan mendapat santunan dari warga asing itu. Nasib sial. Biro jasa yang mengatur kawin kontrak itu, ternyata menipu. Uangnya Rp3 juta lenyap.

“Katanya untuk urusan administrasi KUA sampai urusan tempat pertemuannya. Dijanjikan akan langsung dikawinkan dan tinggal di kawasan puncak, Bogor. Uang udah diserahkan, ngak ada kabarnya lagi. Dihubungi ngak pernah ada respon. Capek,” tuturnya.

Dia punya cerita dengan obsesi kawin kontrak. Suatu hari, ada iklan yang terpasang: Seorang bule membutuhkan istri untuk dinikahi. Dia mencoba menghubunginya. Ternyata, bukan bule yang dilihat. “Orangnya tinggi berkulit hitam dari Nigeria. Perutnya bucit dan menjijikkan,” ujarnya, tersenyum mengingat pengalaman itu.

Semua obsesi untuk hidupnya, kata dia, yang terpenting tidak menjual tubuhnya alias menjadi pelacur. Jual ginjal dan kawin kontrak menurutnya, tidak mengorbankan harga dirinya. “Saya tidak ingin sakit hati terlampau banyak, jika harus menjual kehormatan,” tuturnya.


289 comments:

«Oldest   ‹Older   201 – 289 of 289
Anonymous said...

jual ginjal sehat.
serius.
hub :
sisibaiksisiburuk@rocketmail.com

Anonymous said...

Saya pria 24 tahun, golongan darah O, tidak merokok, tidak minum minuman berakohol dan tidak punya penyakit berat dan menular...
Saya serius menjual ginjal saya... Harga bs dibicarakan lewat tlp. Tidak lebih dari 150jt.
Jika Anda berminat, silahkan hubungi saya di : 0896 9324 9395

Anonymous said...

Saya pria 24 tahun, golongan darah O, tidak merokok, tidak minum minuman berakohol dan tidak punya penyakit berat dan menular...
Saya serius menjual ginjal saya... Harga bs dibicarakan lewat tlp. Tidak lebih dari 150jt.
Jika Anda berminat, silahkan hubungi saya di : 0896 9324 9395

mahadewa said...

Sekali lagi, saya ingin mengiklankan, saya berniat menjual ginjal saya. Saya pria berumur 23 tahun,golongan darah o,sehat jasmani dan rohani,tidak merokok. Harga nego. Bagi yang benar2 berminat, silahkan hubungi saya di 085247516806

Anonymous said...

Sya wanita, usia 22thn, brniat tuk menjual ginjal demi membantu kluarga..
Tdk mngidap pnyakit, golongan darah O dan dlm kondisi yg sehat..
Brminat hub:081260347000.

ardi said...

usia saya 27th, sehat jasmani rohani, hobby olah raga, gol.darah B, berniat jual salah satu ginjal saya seharga 400jt, yg serius hub.langsung di 081995000135.

ardi said...

usia saya 27 th, sehat jasmani rohani,gol.darah B, domisili sumatera,berniat jual salah satu ginjal saya seharga 400jt, jika ada yg berminat hub.langsung di 081995000135.tq

Anonymous said...

saya laki" 29 tahun. golongan darah B+. bagi yang membutuhkan ginjal bisa menghubungi saya di javeaddict@live.com

natan said...

saya natan mau jual ginjal saya.. saya sehat .. tdk ada penyakit apapun.. bila ada yg berminat hubungi 085746605008.. butuh cpt

Anonymous said...

nama saya badriono dan saya mau jual ginjal saya 400jt, umur 21 thn...
kalau ada yang berminat bisa hubungin saya 082151311200 atau email saya hasbi_by@ymail.com

Diky Alfonso said...

saya pria umur 21 tahun, tinggal dimedan, golongan darah AB, sehat jasmani dan rohani
saya berniat ingin menjual ginjal saya.
soal harga bisa dibicarakan pada saat bertemu dengan saya..
bagi anda yang berniat silahkan hubungi saya melalui nope ini 087869002721 atau melalui email di muhamad_dirham@ymail.com.

Diky Alfonso said...

saya pria berusia 21 tahun, tinggal di medan, golongan darah AB, sehat jasmani dan rohani. saya berniat menjual ginjal saya, masalah harga bisa di bicarakan pada saat bertemu dengan saya.
bagi anda yang berniat silahkan hubungi saya di 087869002721 atau melalui email saya di muhamad_dirham@ymail.com.

Catya said...

Tolong dibantu dan dishare. Dalam seminggu ke depan nasib keluarga saya berada dalam ketidakpastian. Saya berniat menjual ginjal saya untuk membantu melunasi hutang-hutang keluarga saya. Saya wanita berumur 20 tahun,golongan darah O,sehat jasmani dan rohani,tidak merokok. Harga min. Rp 100Juta /nego. Bagi yang benar-benar berminat dan membutuhkan, silahkan hubungi saya di 083856426817 /vivic_vi@yahoo.com (Catya)

Anonymous said...

saya mau jual ginjal juga, laki laki 30 tahun goldar AB+ sehat jasmani tidak meroko. 600jt yang berminat hubungi asyanj@yahoo.com, atau 085794014577.

Anonymous said...

di jual ginjal sehat, tidak merokok, umur 18 tahun untuk biaya sekolah. bagi yg membutuhkan dan seurius silahkan hubungi 085214870228 ( Madin )

rahman said...

wajar aja kalau mahal..emang anggota tubuh untuk diperjual belikan...apa cukup menggantikan 1 ginjal ama uang 100jt or 5oojt..gk masuk akal kan..hidup dg 1 ginjal tuh ad resikonya jg coy..tp kalau ada tawaran 500jt boleh jg.hehehe

Anonymous said...

jual ginjal.saya pria umur 23th.tidak merokok.obat dan miras.tidak sakit.saya mau jual rp150jt nego.bagi yang berminat hub saya di.03434964093.Atau kirim ke inbox fb saya. azizevry@yahoo.com

jo said...

sy berniat menjual ginjal saya, saya pria berumur 21 thn suka nge gym (atletis) dan rutin badmintoon tiap minggu, tidak pernah terkena penyakit srius. harga nego. bagi yg benar2 berminat, silahkan hubungi sy d nomor ini
082196806008 (dede)

jo said...

saya serius ingin menjual ginjal saya krn hutang bisnis. saya pria 21 tahun suka nge gym (atletis) dan badmintoon minimal 3 kali tiap minggu sehat jasmani dan rohani. bagi yg serius ingin membeli ginjal saya hubungi saya d nomor ini
08219680608 (dede)

Anonymous said...

saya mau mendonorkan ginjal saya. 29 tahun, gol darah O+.
SAYA PERNAH MENGIKUTI SERANGKAIAN TEST BUAT PENDONOR DI RS. PGI CIKINI. HASILNYA OK!

hub 083875205770 (sms).

Anonymous said...

saya mau mendonorkan ginjal saya. 29 tahun, gol darah O+.
SAYA PERNAH MENGIKUTI SERANGKAIAN TEST BUAT PENDONOR DI RS. PGI CIKINI. HASILNYA OK!

hub 083875205770 (sms).

Andri Kohaeri said...

saya mau mendonorkan ginjal saya. 29 tahun, gol darah O+.
SAYA PERNAH MENGIKUTI SERANGKAIAN TEST BUAT PENDONOR DI RS. PGI CIKINI. HASILNYA OK!

hub 083875205770 (sms).

Andri Kohaeri said...

saya mau mendonorkan ginjal saya. 29 tahun, gol darah O+.
SAYA PERNAH MENGIKUTI SERANGKAIAN TEST BUAT PENDONOR DI RS. PGI CIKINI. HASILNYA OK!

hub 083875205770 (sms).

Kuingin Dirinya Disampingku said...

saya butuh donor ginjal golongan darah A+.. yg mau donorin ginjalnya bisa hub. 087775220622

Kuingin Dirinya Disampingku said...

saya butuh donor ginjal golongan darah A+ yg mau donor bisa hub 087775220622

ruiner said...

Dear all,
I'm male 37 years old, in good health condition, blood type O. I'd like to sell my kidney for financial reason. if serious, u can call me at +6281519331409 or storm_thunder80@yahoo.com. The price is negotiable. regards-ed

and70 said...

saya mau jual ginjal untuk menutupi kesalahan saya dan membayar hutang2 kluarga saya. ini sudah sangat mendesak. bagi yg berminat bisa kirim email ke fikriansar@gmail.com sertakan no hp anda. nanti saya segera menghubungi

Anonymous said...

saya jg sangat berniat menjual ginjal saya u membayar hutang2 saya. nama saya siti, umur 31, sehat walaffiat, gol daran A+. bagi yg berminat hub 081958305577

Anonymous said...

saya perempuan 31 th, nama siti, sehat walafiat, gol darah A+, berniat menjual ginjal 200 jt( nego ). berminat hub 081958305577 ( palembang )

pejuang miskin said...

aq golongan darah B,gk merokok dan miras ataupun narkoba,mau jual ginjal tuk biaya kuliah aq dan adikku serta buat bayar hutang...hubungi no hpku 082146555245

pejuang miskin said...

dddddd

nifanz.abang said...

Serius buyer, 087771073206, sehat jasmani n rohani, 20 thn, B, pria, nifanz.abang@gmail.com

aria junaedi said...

sya ingin mendonorkan ginjal saya untuk menutup semua hutang2
saya,gol darah B+,umur=25th,tb=175cm,bb=60kg,suka olah raga terutama sepak
bola,perokok, no drugs & no alkohol, siap medichal chekc up,ada surat keterangan sehat / hasil lab (HIV blood report) domisili
malang,jawa timur,bagi yang berminat & serius hub:085655541219 /
085233323745

Anonymous said...

sya ingin mendonorkan ginjal saya untuk menutup semua hutang2
saya,gol darah B+,umur=25th,tb=175cm,bb=60kg,suka olah raga terutama sepak
bola,perokok, no drugs & no alkohol, siap medichal chekc up,ada surat keterangan sehat / hasil lab (HIV blood report) domisili
malang,jawa timur,bagi yang berminat & serius hub:085655541219 /
085233323745

aria junaedi said...

sya ingin mendonorkan ginjal saya untuk menutup semua hutang2
saya,gol darah B+,umur=25th,tb=175cm,bb=60kg,suka olah raga terutama sepak
bola,perokok, no drugs & no alkohol, siap medichal chekc up,ada surat keterangan sehat / hasil lab (HIV blood report) domisili
malang,jawa timur,bagi yang berminat & serius hub:085655541219 /
085233323745

BELI GINJAL ( BUY KIDNEY) said...

ATTENTION ( PERHATIAN ) !!!


Segera email data diri kamu jika serius ingin jual ginjal.
email sekarang juga ke : pistolilegal@gmail.com

Banyak data calon pembeli ginjal di INdonesia maupun luar negeri.

Catatan : siapkan biaya administrasi 500rb/ginjal yg akan dijual. Jangan kirim data jika dana belum siap.

BELI GINJAL ( BUY KIDNEY) said...

KIrim data ke pistolilegal@gmail.com jika Anda mau jual ginjal.

Anonymous said...

maw jual ginjal juga nich... phone di 085257975481

Anonymous said...

maw jual ginjal juga nichhh......... phone di 085257975481

nanda aprilia said...

wah banyak juga yang berniat jual ginjal.....

saya juga mau jual ginjal dengan harga 500 juta khusus area jawa timur. tapi yang beli harus orang kaya.

hub saya di : FB. nanda_aprilia90@yahoo.co.id

saya tunggu beritanya cepat dan golongan darah saya B dan sehat jasmani dan rohani.

saya tidak butuh perantara / calo ginjal. langsung pada yang membutuhkan.

nanda aprilia said...

wah banyak juga yang berniat jual ginjal.....

saya juga mau jual ginjal dengan harga 500 juta khusus area jawa timur. tapi yang beli harus orang kaya.

hub saya di : FB. nanda_aprilia90@yahoo.co.id

saya tunggu beritanya cepat dan golongan darah saya B dan sehat jasmani dan rohani.

saya tidak butuh perantara / calo ginjal. langsung pada yang membutuhkan.

TRI BASKORO,29 TH, BEKASI, GINJAL MURAH DIBAWAH 100 JT said...

TRI BASKORO, 29 TAHUN

SAYA MAU JUAL GINJAL SAYA, INSYAALLAH YG JODOH BISA HUB SAYA DI :
081314 1314 49
021 4472 3545
MAHAR DIBAWAH 100 JT, URGENT JGN LEWAT 1 BULAN...WASSALAM....

TRI BASKORO,29 TH, BEKASI, GINJAL MURAH DIBAWAH 100 JT said...

TRI BASKORO ,29 TAHUN JUAL GINJAL, MAHAR HANYA DIBAWAH 100 JT
JUB SAYA DI 081314 1314 49

TRI BASKORO,29 TH, BEKASI, GINJAL MURAH DIBAWAH 100 JT said...

TRI BASKORO,29 TH, BEKASI, GINJAL MURAH DIBAWAH 100 JT

echy shinta said...

saya winda
saya juga ingin mendonolrkan ginjal saya, saya perempuan berumur 34 tahun, golongan darah saya A+.
saya tidak merokok,tidak minum minuman alkohol dan saya tidak pernah pakai narkoba.
bila ada yang membutuhkan ginjal saya bisa hubungi saya di no 081218226999

Anonymous said...

saya wanita 22thn saya ingin menjual ginjal saya, karena sangat membutuhkan uang.... jika ada yg betul2 mau membeli silahkan email ke sheilahad2pm@ymail.com ... segera ... thx

Anonymous said...

saya wanira 22thn saya ingin menjual ginjal saya, karena sangat membutuhkan uang.... jika ada yg mau membeli silahkan email langsung ke sheilahad2pm@ymail.com ... segera ... thx

Anonymous said...

saya wanita 22thn saya ingin menjual ginjal saya, karena sangat membutuhkan uang. jika ada yg mau membeli silahkan email langsung ke sheilahad2pm@ymail.com ... segera ... thx

Anonymous said...

saya wanira 22thn saya ingin menjual ginjal saya, karena sangat membutuhkan uang.... jika ada yg mau membeli silahkan email langsung ke sheila_hmd@ymail.com ... segera ... thx

Anonymous said...

Pria, single parent 31 Tahun, Gol. A sehat jasmani & rohani, jual ginal utk biaya hidup anak dan keluarga, harga bisa dibicarakan. serius/berminat hub email/facebook: zackyzulfikar@yahoo.co.id. Lokasi medan

Anonymous said...

Saya mau jual ginjal saya,harga bisa di perundingkan,nama saya andre umur 22 tahun saya berada di bandung,bebas alkohol dan bebas narkoba,kalo berminat tlong hub ke no 081223682082 ( serius )

Anonymous said...

Saya andre umur 22 tahun bebas alkohol dan narkoba,siap menjual ginjal saya,harga bisa diperundingkan,saya berada dibandung,
Jika serius dan berminat silahkan hub ke no 081223682082 trimakasih.

Anonymous said...

Saya andre umur 22 tahun bebas alkohol dan narkoba,siap menjual ginjal saya,harga bisa diperundingkan,saya berada dibandung,
Jika serius dan berminat silahkan hub ke no 081223682082 trimakasih.

Anonymous said...

Saya penhen jual ginjal saya,umur 22 tahun kalo ada yang mau silahkan hub saya ke ni 081223682082,masah harga bisa diperundingkan ( serius ) saya berada di bandung.

Anonymous said...

Saya andre umur 22 tahun tinggal dibandung berbadan sehat bebas narkoba dan alkohol,golongan darah O saya mau menjual ginjal saya,serius hub saya ke no 081223682082

Anonymous said...

Saya andre. Saya mau menjual ginjal saya umur 22 tahun golongan darah O bebas narkoba dan alkohol,berbadan sehat, saya berada di bandung serius hubungi ke no 081223682082 harga bisa di perundingkan.

Anonymous said...

Saya andre. Saya mau menjual ginjal saya umur 22 tahun golongan darah O bebas narkoba dan alkohol,berbadan sehat, saya berada di bandung serius hubungi ke no 081223682082 harga bisa di perundingkan.

Anonymous said...

Saya andre. Saya mau menjual ginjal saya umur 22 tahun golongan darah O bebas narkoba dan alkohol,berbadan sehat, saya berada di bandung serius hubungi ke no 081223682082 harga bisa di perundingkan.

Anonymous said...

Saya andre. Saya mau menjual ginjal saya umur 22 tahun golongan darah O bebas narkoba dan alkohol,berbadan sehat, saya berada di bandung serius hubungi ke no 081223682082 harga bisa di perundingkan.

Anonymous said...

Saya andre. Saya mau menjual ginjal saya umur 22 tahun golongan darah O bebas narkoba dan alkohol,berbadan sehat, saya berada di bandung serius hubungi ke no 081223682082 harga bisa di perundingkan.

Anonymous said...

saya andre umur saya 22 tahunmau menjual ginjal saya,golongan darah O bebas narkoba dan alkohol,serius mau menjual ny,silahkan hub saya ke no 0812213682082,saya berada dibandung

Anonymous said...

saya andre umur saya 22 tahunmau menjual ginjal saya,golongan darah O bebas narkoba dan alkohol,serius mau menjual ny,silahkan hub saya ke no 0812213682082,saya berada dibandung

gerry herdiansyah said...

saya serius ingin mendonorkan salah satu ginjal saya,saya bergolongan darah B+,no drugs dan sehat jasmani rohani,usia saya 22 tahun,jika di butuh kan bisa hubungi saya di no 085720595553 .

gerry herdiansyah said...

saya serius ingin mendonorkan salah satu ginjal saya,saya bergolongan darah B+,no drugs dan sehat jasmani rohani,usia saya 22 tahun,jika di butuh kan bisa hubungi saya di no 085720595553 ..
trimakasih ..

Anonymous said...

saya mau menjual ginjal sy, wanita umur 35th gol darah o, sehat jasmani rohani. 087875014828

Anonymous said...

sy ingin menjual ginjal, sy wanita 35th gol darah o sehat jasmani dan rohani. 087875014828

Anonymous said...

laki2, 31 tahun, goldar AB, bukan perokok berat, tidak alkoholik, dll. ingin menjual ginjal utk biaya anak saya . 082142881650.

Dodo said...

laki2, 31 tahun, goldar AB, bukan perokok berat, tidak alkoholik, dll. ingin menjual ginjal utk biaya anak saya . 082142881650.

Anonymous said...

Saya wanita berumur 27 thun.saya berniat menjual ginjal saya untuk menghidupin dan membahgiakan anak2 saya.saya sehat jasmani dan rohani.golongan darah saya AB.bgi yang brminat hub saya di cynthia.lyra@yahoo.com.trima kasih

Ivah Tk said...

saya ingin menjual ginjal saya sehat umur 25 wanita golongan O saya memerluksn uang untuk membahagiakan anak anak saya n biaya hidup serta membiayai org tua n adik adik saya saya tak bisa berkata apa apa hanya semoga ada yg mau membeli ginjal saya memerlukan uang untuk membahagiakan org org disekitar q n ingin memesan kuburan sendiri jd jika terjadi apa apa q tak perlu lg menyusahkan org orh yg q sayangi q mohon jika ada yg serius hanya 400juta hub
ivah86@ymail.com

Ivah Tk said...

saya ingin menjual ginjal saya sehat umur 25 wanita golongan O saya memerluksn uang untuk membahagiakan anak anak saya n biaya hidup serta membiayai org tua n adik adik saya saya tak bisa berkata apa apa hanya semoga ada yg mau membeli ginjal saya memerlukan uang untuk membahagiakan org org disekitar q n ingin memesan kuburan sendiri jd jika terjadi apa apa q tak perlu lg menyusahkan org orh yg q sayangi q mohon jika ada yg serius hanya 400juta hub
ivah86@ymail.com

ricardo said...

Saua ingin menjual ginjal saya umur 29th
gol darah o hub 082399944406

siti rahmadina said...

Saya wanita usia 37 tahun, sehat jasmani & rohani, gol darah O, ingin menjual ginjal saya, karna saya terdesak hutang dan biaya ank sekolah serta kontrak rumah. Jika ada yang berminat silahkan hubungi saya di nmr hp 085246048325. Terimakasih

siti rahmadina

Anonymous said...

saya juga berniat menjual ginjal saya.
saya sehat jasmani dan rohani, tidak merokok maupun minuman keras, rutin olahraga setiap 2x seminggu
jika berminat bsa menghubungi ke no 08199939155

massimo dua said...

lama g ada kabr blog ini? saya jg mau jualn ginjal ah... O+, 26 tahun, laki2. serius email saya di massimodua@gmail.com

massimo dua said...

ane cowok, 26 tahun, mau jual satu ginjal saya, g ngerokok, g miras, gk narkoba, darah O+, bth duit buat biaya sekolah nak. email saya di massimodua@gmail.com. harga bisa di nego, saya buka 250 jeti

Anonymous said...

saya mau menjual ginjal saya untuk kuliah. tdk pernah memiliki penyakit kronis. berminat email hermantodoni@yahoo.com

Anonymous said...

JUAL GINJAL.!
untuk biaya pengobatan kakak. pria, 23th. Gol darah B.hrga bisa nego. hub. 081283187695. TANGERANG

Bedu Celu said...

Saya juga ingin jual ginjal saya golongn drh saya A+Rh jika ada saya siap kapn saja hbgi saya 08812107003/085973800280

Bedu Celu said...

Saya juga mau jual ginjal saya glongan drh A+RH jika ada yg mau hbngi saya di 0812107003/085973800280 saya siap kpn saja

Anonymous said...

Saya mau jual1 ginjal saya khusus daerah medan .saya 17 tahun .tidak merokok sehat golongan darah tidak tau orang tua saya O ,tidak ada penyakit bawaan .amat sehat ,khusus daerah medan sumatra utara. Saya jual 100 jt saja .di jual cepat bagi anda calo atau pun yang dapat pertemukan saya kpd yg membutuhkan .hubungi saya 089601717345.

Anonymous said...

Saya mau jual ginjal saya 1 .saya laki2umur 17 tahun .sehat tidak punya penyakit bawaan tidakk merokok .saya jual 100 jt saja. Bagi yg dapat mempertemukan saya kpd yg membutuhkan atau pun langsung .hub saya :089601717345.khusus daerah medan

adhe igha said...

saya iga yashinta, usia 21 th. gol darah A sehat jasmani dan rohani. bertempat tinggal di pontianak kalbar. saya ingin menjual ginjal saya segera. karena kebutuhan ekonomi yg mendesak. harga nego bagi yang serius silahkan hub. 089649280319

adhe igha said...

saya iga yashinta usia 21 th gol darah A. sehat jasmani dan rohani. bertempat tinggal di pontianak kalbar. saya ingin menjual ginjal saya 250 jt harga nego, karena kebutuhan terdesak tidak ada cara lain yg dapat di tempuh. bagi yang serius silahkan hub 089649280319

Widi Oktamini said...

Saya perempuann usia 35 tahun dgn golongan darah B saya berniat mendonorkan ginjal saya.yang berminat dgn serius bisa hubungi d 087722212313....

Anonymous said...

donor ginjal. badan sehat. tidak ada penyakit menular. gol darah o. start konpensasi us$: 888.000.- hub.. +62 821 6090 7928.. sms dahu sbelum tlp.

chrisvo lindo said...

hub+6287873412432 jika anda berminat ginjal saya... saya donorkan kepada anda yang membutuhkan,,, daerah bekasi dan jakarta ty.. umur saya 27 tahun :D

chrisvo lindo said...

hub +6287879412432
saya donorkan ginjal saya.... jika berminat silahkan hubungi saya.... saya pria umur 27 tahun..... untuk daerah bekasi dan jakarta

kusuma wijaya said...

saya ingin menjual ginjal saya umur saya 22 tahun tidak merokok minum ataupun memakai obat-obat terlarang ,alasan saya buat biaya berobat orang tua saya dan membayar hutang-hutang mereka jika ada diantara kalian yang berminat silahkan hubungi no.kontak saya 085656082150 ditulis pada tanggal 4 may 2014

«Oldest ‹Older   201 – 289 of 289   Newer› Newest»

Comments System

Disqus Shortname

Search This Blog

My Link